LOKALATIH PENYUSUNAN ROADMAP KEMANDIRIAN DESA “mewujudkan selayar yang maju, sejahtera dan religius.”

Posted on 3 April 2013. Filed under: Penguatan Masyarakat Sipil |


Pembukaan Lokalatih Penyusunan Roadmap Kemandirian Desa  yang bertujuan untuk meningkatkan  kapasitas KPM dan Pemerintah Desa dalam    memfasilitasi proses penyusunan peta jalan mewujudkan desa mandiri secara partisipatif, gender dan social inklusif serta berbasis kekuatan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Maret 2013 yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan selayar H. Syaiful Arif SH. Sebelum acara buka, Jernih yang bertindak selaku Master of ceremony mengemukakan bahwa Kegiatan Lokalatih merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Mitra Samya yang merupakan Mitra Strategis ACCESS Phase II dan difasilitasi oleh LSM ISET. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tersebut dihadiri dengan jumlah peserta 20 orang yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa 7 orang, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa 7 orang dan Organisasi sosial Masyarakat 6 orang.

Dalam sambutannya, Bapak Wakil Bupati Kepulauan Selayar  mengemukakan bahwa pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar  telah bekerjasama dengan ACCESS sejak bulan Nopember 2011 melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan ACCESS, dukungan yang diberikan  pemerintah diwujudkan dengan penyediaan anggaran dan sumberdaya manusia di lingkup SKPD dengan tujuan untuk mempercepat proses pelaksanaan program sehingga masyarakat di daerah mampu berdaya dan mandiri. Dengan mendasari Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 bahwa Desa semakin dituntut kesiapannya untuk merencanakan pembangunan Desa yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta dalam memberikan pelayanan rutin kepada masyarakat, maka cepat atau lambat desa-desa tersebut diharapkan dapat menjadi desa yang mandiri dalam pembangunan dan otonom dalam pemerintahan.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar juga mengemukakan bahwa desa-desa di Kabupaten Kepulauan Selayar telah memiliki ADD yang cukup besar, namun disadari sepenuhnya belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pembelajaran yang bisa diambil ketika mendampingi Tim ke Lombak dalam kunjungan studi banding adalah tingkat  keswadayaan masyarakat yang sangat luar biasa, dengan ADD yang hanya 25 juta mereka mampu menghasilkan bangunan yang jauh melebihi dari anggaran yang ada.

Dalam hal pertumbuhan ekonomi Makro Kabupaten Kepulauan Selayar berada pada urutan ke 4 se-Sulawesi Selatan, akan tetapi kenyataannya justru di daerah kita ini masih banyak masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan, salah satu penyebabnya adalah tidak adanya data yang akurat dalam penyusunan perencanaan Desa, kendala Desa mengusulkan perencanaan yang kurang strategis. Hal inilah yang menjadi pemikiran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar memberikan Apresiatif terhadap kegiatan yang dilakukan oleh ACCESS Phase II.

Untuk itu selaku Pemerintah Daerah,  sangat berharap agar Pelatihan Penyusunan Peta Jalan dapat menemukan strategi bagaimana menentukan indikator dan tersusunnya peta jalan menuju kemandirian Desa dan berharap agar setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh ACCESS dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan dan dapat bersinergi dengan program kegiatan yang ada pada lingkup SKPD sehingga nantinya kita bersama-sama dapat mewujudkan selayar yang maju, sejahtera dan religius.” (Jernih)

  • Alih Bahasa

  • Deadline Activities




  • Publication

    150740_626034187410216_2044183302_n
    • 1,395 Kunjungan
  • CPANEL ISET

  • Kategori

  • Arsip

  • Support

    ACCESS Phase II
    Logo ACCESS Cover Belakang
    BPPKB Selayar
    index
    71095_135266290090_5844531_n

  • Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: