KETIKA GOTONG ROYONGAN NYARIS HILANG

Posted on 30 Maret 2013. Filed under: Penguatan Masyarakat Sipil |


Ibu-ibu Dusun Maulana Desa Onto melakukan kerja bakti untuk membuka lahan pertanian sebagai Kebun Pembibitan dimana Bibit difasilitasi oleh Penyuluh Pertanian, Suwardi Lakoro dari Program Mandiri Pangan. Hasil pembibitan untuk menanam di pekarangan rumah masing masing. Selain itu, Para Ibu-ibu yang  bergabung dalam satu kelompok, juga akan menanami sayur-sayuran di kebun tersebut untuk dijual dan dibelikan kembali bibit sayur-sayuran. Antusiaisme para ibu-ibu untuk datang bergotong royong dan menswadayakan tenaga, barang  juga materi untuk komsumsi makan minum tidak lepas dari Program Access dimana memberikan Penguatan Kapasitas kepada Masyarakat bagaimana mewujudkan Desa Onto menjadi Desa Mandiri dengan bertumpu dari potensi dan aset-aset desa itu sendiri.

Access-AusAID yang telah berupaya mengembangkan Kader Desa, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, Fasilitator Desa yang diharapkan mampu berperan sebagai fasilitator/motifator dalam pengelolaan pembangunan di Desa. Begitupun peningkatan dengan kapasitasnya baik itu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Ini diharapkan mampu mengawal masyarakat.

Awal dari kegiatan dengan membuka lahan pertanian, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Onto Suwardi Lakoro sanksi, apakah masyarakat mau menswadayakan lahan serta tenaganya apalagi bergotong royong. Namun hal itu tidak terbukti, bahkan masyarakat sangat antusias, Yang sebelumnya setiap ada kegiatan yang bernilai swadaya, masyarakat acuh tak acuh, ataupun tidak berpartisipasi.

Kehadiran Program Access memberikan angin segar terhadap masyarakat Di Desa Onto, Kegotong Royongan serta nilai swadaya yang nyaris hilang kini kembali ada. Semoga kedepannya semangat kegotong royongan dan Swadaya itu selalu ada terbangun dan berkelanjutan  serta mewujudkan Desa Onto menjadi Desa Mandiri. Di sisi lain, Dengan terbentuknya Kelompok-kelompok tani dan Kebun Pembibitan, harapan ke depan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, wanita tani, bisa terwujud sebagaimana yang menjadi harapan Pemerintah daerah, Pemerintah Pusat,  yang saat ini menggalakkan program desa mandiri pangan (Tuti)

  • Alih Bahasa

  • Deadline Activities




  • Publication

    150740_626034187410216_2044183302_n
    • 1,395 Kunjungan
  • CPANEL ISET

  • Kategori

  • Arsip

  • Support

    ACCESS Phase II
    Logo ACCESS Cover Belakang
    BPPKB Selayar
    index
    71095_135266290090_5844531_n

  • Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: