“Program Kemandirian” mendorong Partisipasi Masyarakat Bangkit Kembali

Posted on 28 Maret 2013. Filed under: Penguatan Masyarakat Sipil |


Desa Lowa dari tahun 2009 ada program Unicef terkait dengan pembangunan sarana air bersih. Program dalam pelaksanaannya mengharapkan agar masyarakat dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dan ini tentunya perlu didukung dengan sarana air yang memadai. Dalam pelaksanaannya program memberikan pelatihan dalam penguatan kapasitas para pelakunya serta memberikan stimulan berupa perpipaan.

Dalam pemasangan instalasi perpipaannya serta pembangunannya diharapkan untuk dikerjakan dan diselesaikan oleh masyarakat secara swadaya tanpa adanya kucuran dana dalam menunjang kegiatan. Tentunya ini merupakan tantangan tersendiri buat pelaku dan pemerintah desa, dimana selama ini dalam pelaksanaan kegiatan – kegiatan walaupun itu bentuknya kecil, namun adalah sedikit upah bagi orang yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. Tapi di program Unicef, masyarakat kerja mulai dari tahap pembersihan, pembuatan bak, penggalian dan pemasangan instalasinya, semuanya dikerjakan secara swadaya. Hal ini seakan membuat masyarakat tidak yakin dan percaya dengan keberadaan program tersebut. Sebagian masyarakat seakan menganggap program ini sama dengan program – program lain yang didukung dengan dana besar.

Karena kondisi tersebut, menjadikan program ini seakan berjalan bagai semut, dan bahkan hampir tidak berjalan. Pertemuan demi pertemuan dilaksanakan untuk memberikan pemahaman ke masyarakat tentang program ini. Namun itu seakan tidak cukup.

Dan sudah hampir 4 (Empat) tahun program berjalan, malah sudah menghampiri  phaseout, seakan kegiatan pembangunan perpipaan, tidak menunjukkan tanda-tanda akan terselesaikan. Partisipasi masyarakat untuk berswadaya semakin hari semakin anjlok. Kondisi ini sangat memprihatinkan kader, terutama pemerintah desa. Belum lagi hambatan kondisi cuaca yang tidak menentu serta aktifitas masyarakat desa yang sebagian besar adalah petani, tentunya tidak banyak waktu bagi masyarakat untuk berswadaya.

Perubahan mulai tampak, nanti setelah adanya program kemandirin desa. Melalui proses Pemetaan Apresiatif Desa pada tahapan eksplorasi kisah sukses dengan membangun mimpi- mimpi  untuk desa ke depan, kita mulai mengajak masyarakat untuk memahami akan program serta pentingnya swadaya dalam kehidupan serta pembangunan desa, kita dorong dan tumbuhkan kembali akan pentingnya budaya gotong- royong. Setidaknya pemahaman akan program- program yang masuk ke desa Lowa dapat dipahami oleh masyarakat, bahwa semua yang diberikan itu hanya sebagai pemicu agar masyarakat dapat lebih berpartisipasi. Dalam setiap diskusi, juga kita ajak masyarakat untuk menganalisa akan kondisi desa saat ini dan mencari penyebab mengapa tingkat partisipasi masyarakat agak turun dan bahkan hampir hilang. Kondisi ini terjawab nanti setelah dilaksanakannya program kemandirian desa, dimana proses keterbukaan dalam pelaksanaan serta penggunaan anggaran setiap pembangunan sangat diperlukan, untuk masyarakat mengetahuinya. Dan bahkan disaat baru-baru ini dilaksanakan diskusi pemdes dan kelompok warga, saya seakan tidak percaya, kalau masyarakat menghendaki adanya perdes yang dapat mengatur gotong-royong, bahkan mendorong BPD dan Pemerintah Desa,  agar segera dapat membuat Perdesnya.

Masyarakat sudah mulai kembali bersemangat untuk melaksanakan dan menyelesaikan pembangunan dari program yang sempat tertunda–tunda. Seakan semangat gotong-royong itu baru terlahir kembali, setelah sekian lama hampir di setiap pelaksanaan gotong-royong, hanya segelintir warga yang terlibat dan orangnya seakan tidak bertambah. Saya hanya dapat ucapkan Alhamdulillah ya Tuhan atas semuanya, walaupun aku sadari, untuk merubah atau memperbaiki  sesuatu itu tidaklah semudah dengan membalik telapak tangan, namun ini dapat dijadikan sebagai entry point dalam perubahan  menuju kemandirian desa. (Ilmiahwan)

  • Alih Bahasa

  • Deadline Activities




  • Publication

    150740_626034187410216_2044183302_n
    • 1,395 Kunjungan
  • CPANEL ISET

  • Kategori

  • Arsip

  • Support

    ACCESS Phase II
    Logo ACCESS Cover Belakang
    BPPKB Selayar
    index
    71095_135266290090_5844531_n

  • Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: